EVENT

10 Tahun Basha Market Konsisten Mendukung Produk Lokal

Salah satu stan di Basha Market

Basha Market kembali hadir di Surabaya untuk yang ke-10 kalinya. Deviana Sugono, Co-Founder Basha menyebutkan bahwa ini bukanlan perjalanan yang mudah. Banyak adaptaso yang dilakukan oleh Basha hingga bisa berada di titik ini.

Menariknya pada 2024, Basha Market kini menghadirkan tema Multiverse. Sebuah tema yang melambangkan sebuah eksplorasi dan potensi yang tidak terbatas.

“Memasuki usia satu dekade adalah waktu yang tepat untuk kami melakukan regenerasi serta adaptasi. Hal ini merupakan bukti nyata Basha konsisten menjaga semangat kreativitas dan melakukan inovasi-inovasi yang dapat berperan untuk membantu brand-brand lokal,” ujar Devina.

Devina menuturkan, antusiasme dari masyarakat sangat tinggi dalam pegelaran tahun ini, bahkan selalu meningkat di setiap tahunnya.

“Yang terpenting adalah dampak ke brand lokal juga sangat baik. Setelah seblumnya Basha Market digelar dua hingga tiga kali dalam setahun, kali ini hanya akan diadakan setahun sekali,” lanjutnya saat ditemui, Sabtu (31/5).

Basha Market, tegas Devina, bukan hanya tentang acara ‘market-marketan’ atau senang-senang belaka, namun mencerminkan sebuah perjalanan industri kreatif yang memiliki kekuatan besar. Banyak yang terdampak dalam satu kali penyelenggaraan Basha, sebut saja brand lokal yang memiliki kebutuhan untuk membuat katalog baru.

“Dari satu contoh itu saja ada berbagai aspek yang terdampak, yakni industri modeling, fotografer, fashion stylish, studio foto, desainer grafis, concept director, dan masih banyak lainnya,” kata Devina.

Selain itu, Basha juga melakukan regenerasi dari sisi marketing dan vendor. “Basha membuka sebanyak-banyaknya peluang kolaborasi dengan KOL serta melakukan beberapa program-program baru dan inovatif. Untuk vendor Basha harus berani mengucapkan selamat tinggal bagi yang tidak berkembang mengikuti standar industri sekarang dan akan menerima vendor baru yang akan mampu membuka market baru,” tambah Erin selaku CO-Founder Basha.

Erin juga menilai bahwa keberhasilan sebuah acara tidak diukur dari seberapa ramainya dibicarakan, tetapi juga dampaknya terhadap banyak aspek di industri kreatif. “Ini adalah momen yang pas untuk semuanya urun serta berperan dalam membentuk kekuatan ekonomi lokal,” imbuhnya.

Sementara itu, Virginia, Public Relation Basha Market juga menambahkan kalau target market Basha kali ini adalah Gen Z. “Namun gak menutup milenial dan generasi yang lain juga datang ke acara kami,” katanya.

Event tahunan Basha Market sendiri menawarkan beberapa produk fashion, kecantikan hingga kuliner. Pameran ini juga menawarkan berbagai diskon serta promo menarik ini di gelar di Tunjungan Plaza 3, Convention Center Lantai 6 Surabaya, mulai 31 Mei hingga 2 Juni 2024. *ami